Catatan Harian & Perjalanan. Puisi &Fotografi. Tutorial Blog, Komputer & Media Sosial

Etika dalam Dunia Blogging

I love blogging
Saya baru saja login ke bloggers, komunitas blogger nomor 1 favorit para blogger. Membalas semua vote yang saya terima dari blogger di komunitas tersebut. Mengkonfirmasi permintaan pertemanan, yang sebenarnya merupakan hal yang pertama kali saya lakukan ketika login. Mengunjungi balik dan memberi vote meski mereka tidak belum melakukannya untuk saya. Mereview blog tertentu. Dan membaca semua komentar dan pesan yang masuk. Sering saya menemukan kesamaan. What's that?



Kebanyakan blogger sering meminta. Meminta vote, follow, dan macam-macam lainnya. Salah? Ya ngga sih. Tapiii, alangkah baiknya kaaan, sebelum meminta, kita memberi dulu. Tanpa melihat apakah dia blogger yang baru bergabung di komunitas atau sudah karatan sekalipun. 


Kebanyakan blogger baru, baik yang baru ngeblog ataupun baru bergabung di komunitas, akan meminta blogger lain untuk vote dan follow, tanpa melakukan hal yang sama lebih dulu. Kok pelit banget ya kesannya? Bukankah "Give and You Will Get" itu suatu hal yang mutlak? "More You Give, More You Get" Maka jika ingin menerima, berilah terlebih dulu.

So, blogger, Never Ask before You Give. Happy Blogging senang

PS: Silahkan tinggalkan user ID di bloggers jika ingin mendapat kunjungan dan vote dari saya ya? 

Share:
Comments
38 Comments

38 comments:

  1. Hihihihihihi.. nice artikel....
    Like that...
    "More You Give, More You Get"
    asyeeekkk dah :D

    ReplyDelete
  2. @MuTiaRa Hehehe.... siapa memberi dia akan menerima, emang udah harga mati tu, Mut :)


    More you give more you get
    Always try, not to forget
    So give it all away
    All that you want will be yours


    Inget ngga dengan lirik itu, Mut? ;)

    ReplyDelete
  3. kemungkinan mereka yang seperti ini baru bersosialisasi di dunia blogging Say. setuju dengan tag "The more You Give, the More You get"... oleh karenya nya mari kita berbagi :)

    ReplyDelete
  4. wkwkwkwk jadi maloo.. udah lama gak buka komunitas blogger.com.. *sering baru tau ada vote setelah menahun.. >.<

    ReplyDelete
  5. @@yankmira mungkin juga ya, mbak Mira.

    Siipp :)

    ReplyDelete
  6. @MUXLIMO iya, penuh sawang tuh rumahnya di bloggers, kang.:DD

    Saya juga ngga bisa tiap hari login ke bloggers. Makanya suka rapelan vote and konfirm-nya.

    ReplyDelete
  7. Keren tipsnya, salam kenal Mba Liza

    ReplyDelete
  8. @etyabdul Trimakasih, mba Etyabdul. Salam kenal kembali :)

    ReplyDelete
  9. He he he.. jadi malu deh sama sis Liza.. sering komentar di blog saya tapi belum pernah dibalas.. sudah kasih review di Alexa, tapi saya belum sempat balas review nya.. maafin saya ya cantik..

    ReplyDelete
  10. nah itu mbakyu, eh saya baru nimbrung di blog ini yah hehehe :D

    saya juga heran sama hal seprti yg mbakyu kemukakan :D

    ReplyDelete
  11. @Blogger Biasa Wah, apa ngga salah tu, Pak? Perasaan bapak yang sering komen di blog saya ini :)

    Kalo soal Alexa, itu karena saya senang dengan DBI, Pak. Ngga ada keharusan untuk review balik kok :)

    ReplyDelete
  12. @naussea Ini komen kedua kamu di blog ini, Sea :)
    Berarti saya bukan the one and only ya yg ngerasa demikian?

    ReplyDelete
  13. pasti bukan orang indonesia mba? orang indonesia kan pada punya sopan santun kaya mba. :D

    ReplyDelete
  14. Hmm,iya mbak ada saat memberi ada saat menerima..
    jangan mau menerima tapi tak mau memberi.Setuju deeeh :)

    ReplyDelete
  15. hahaha.. kebanyakan begitu ya?
    tapi saya setuju dengan tulisan di atas..
    kalo saya sih, lebih suka vote dan add duluan, karena biar bagaimanapun, memberi lebih menyenangkan daripada meminta.. :)
    happy blogging :)

    ReplyDelete
  16. emang bener tuh mbak hehehehe...kembali tergantung gimana authornya, mau memberi link, review atau gak, seperti judul blog ini, together we share :D

    ReplyDelete
  17. manteb, dengan demikian, jangan pernah mengharapkan dibantu orang lain sebelum kita membantu orang lain.... :)

    ReplyDelete
  18. berkunjung gan...sayang blog saya tidak di aprove oleh bloggers,,gi mana ya gan solusinya!

    ReplyDelete
  19. @agung westsaya sih percaya hukum "the more you give the more you get" aja. walaupun kadang ada juga blogger yang tidak membalas. mungkin blog kita kurang menarik baginya :) soalnya udah pernah ngalamin gitu. atau bisa aja sih dia lupa, kan?

    oy, makasih atas reviewnya di alexa ya? saya baru tau tadi :)

    ReplyDelete
  20. @Tamyiz Mohammed siiip. makasih kunjungan baliknya ya? :)

    @AndiKWin Trenggalek Jawa Timur wah.. apa ada yang terlupa sehingga tidak diapproved? yang saya tau bloggers selalu meng-approve jika persyaratan yg diminta dipenuhi.

    oya,baru-baru ini, saya pernah memindahkan banner bloggers dari homepage ke laman. beberapa waktu kemudian langsung saya diminta pasang banner agar blog TWS ini diapprove.ketika saya pindahkan lagi banner di homepage, blog saya diapprove kembali.

    barangkali itu masalahnya hingga blog tidak diapprove.

    btw, thanks sudah berkunjung :)

    ReplyDelete
  21. CARA GAMPANG Motivasi yang menarik ... happy blogging, link anda telah tepasa di blog saya, di tunggu link-back anda ....

    ReplyDelete
  22. @JOHAN PURNOMO trima kasih sudah berkunjung. link juga sudah saya pasang di Link Exchange :)

    ReplyDelete
  23. dan Yang lebih lucu lagi Blog yang asal2lan malah bisa di index Blogger itu gi mana ya!.... facewoman.blogspot.com/2012/06/bloggers-add-bookmark-paling-populer.html

    ReplyDelete
  24. Udah ringan Mba templatenya... udah di buangin ya widgetnya, hehehe

    ReplyDelete
  25. @AndiKWin Trenggalek Jawa Timur asal2an? masak sih? saya sudah ke tekape, ngga kok :)
    @Julak Sourie haha.. ngga dibuang, cuma diatur peletakannya :)

    Trims kunjungan dan komentarnya ya :)

    ReplyDelete
  26. wah ko justru itu, berarati orang indonesia dong. kalau begitu memalukan dong itu.. ehm, semoga dia membaca postingan ini dah. :D

    ReplyDelete
  27. @Drieantssstttt,,, saya ngga bermaksud menyindir siapa2 lho membuat postingan ini. Sekedar curhat aja :)

    ReplyDelete
  28. Enak kalo hobi nulis dan ngeblok.
    Bgmana ngelatih anak anak gemar nulis.

    Ada media promosi web blog maupun situs. Bisa submit Artikel- Berita dan Iklan gratis.

    Kunjungi iklandanpromo.com

    wasalam,
    salam kenal

    ReplyDelete
  29. hai kawan,selamat malam,menjadi seorang blogger bagiku banyak suka dukanya juga :D

    ReplyDelete
  30. artikel yang bagus sob,... :D
    Salam,..diditwidi.blogspot.com

    ReplyDelete
  31. @Embun Pagi Sure, seperti halnya kehidupan, right? :)

    ReplyDelete
  32. DUNIA BLOG Salam kenal persahabatan, artikel anda ini menyentuh sekali, ada pepatah, "Berbuatlah kepada orang lain, seperti apa yang ingin anda dapatkan". Btw, link anda telah terpasang aku tunggu jawabannya ............

    ReplyDelete
  33. sanagat bagus sekali gan postingannya ?


    minta bantuan gan cara liat email pada blog gmna lupa emailnya gan ?
    trims salam kenal

    ReplyDelete
  34. ramai juga nih, saya baru jadi member di bloggers. jadi masih bingung. tampilan bloggers yang unik dengan berbagai macam konten, kalau sibuk ngevote dan follow wah bisa lupa comment di blog. di bloggers hanya bisa dapat traffic, bagaimana dengan backlink. jadinya saya lebih suka koment disini. salam kenal

    ReplyDelete

Bebas komentar apa aja, asal sopan.
Tapi jangan nyepam. Ntar dihapus lho!

Featured post

Cara Mudah Bikin Blog dari Ponsel

Baru-baru ini ada beberapa teman yang meminta dibikinkan tutorial cara bikin blog yang mudah tanpa mesti menggunakan komputer alias dari...

Arsip