Catatan Harian & Perjalanan. Puisi &Fotografi. Tutorial Blog, Komputer & Media Sosial

NgeBLOG untuk Berbagi

emak2 blogger, perempuan, kontes
Saya bukanlah seorang pembicara yang baik.
Lalu, bagaimana dengan semua pikiran, perasaan, pengalaman dan seribu macam uneg lainnya? Saya ngga mau menyimpannya sendiri saja. Bagaimana? Bagaimana?

Itulah mengapa saya menulis.

Saya mulai menulis sejak merah putih berganti biru putih. Jenis tulisan saya waktu itu puisi, kalau boleh saya menyebutnya demikian. Saya juga menulis di diary. Hingga akhirnya 2009 silam saya berkenalan dengan blog. Mulanya sempat bingung juga gimana gimananya. Yaa, maklumlah ya, masih newbie. Tapi saya terus mencari tahu. Pernah tuh sebulan tagihan speedy membengkak karena saya keasyikan belajar ngeblog setiap harinya. Googling segala macam tutorial. Utak atik blog. Hingga blog saya hancur berantakan  pernah saya alami. 


Pernah juga dalam waktu yang lumayan lama saya vakum ngeblog. Sebenarnya sih bukan ngga ada ide. Tapi malas mengembangkan ide menjadi tulisan. Hingga akhirnya 2010 saya menata ulang blog saya. Mulai semuanya dari awal lagi. Mengganti template. Posting. Mempercantik tampilan blog dengan  berbagai macam widget. Sejak ngeblog, paling sedikit sudah 5 kali saya berganti template. Semua karena sifat cepat bosanan dan tidak pernah puas saya. *Mudah - mudahan ini template yang terakhir*

Dari ngeblog, saya mendapatkan banyak teman baru, dan ilmu, tentunya. Kalau dulu saya menulis diary dan puisi lalu disimpan atau paling banter dikirim ke majalah. Sekarang saya bisa berinteraksi dengan orang - orang yang membaca tulisan saya di blog. Mereka inilah yang tak jarang menerbitkan inspirasi saya untuk menulis. Tutorial di blog saya ini, ada yang saya tulis berdasarkan pertanyaan seorang pengunjung blog. Catatan - catatan harian selain dari kejadian sehari - hari juga saya tulis karena terinspirasi seorang teman, misalnya. Bahkan saya bisa berkolaborasi dengan blogger lain untuk melahirkan sebuah tulisan. Ternyata proses menulis duet itu benar - benar menguras pikiran saya. Mungkin lain waktu saya bisa menuliskannya ( Tunggu saja ^^ )

Ngeblog juga yang mengajarkan saya untuk berbagi. Saya tidak lagi menulis untuk diri sendiri. Saya juga menulis untuk orang lain. Ketika saya menghadapi sebuah masalah, lalu menemukan solusi dari masalah itu, saya lalu membaginya di blog. Termasuk soal file - file penting yang hilang tiga hari yang lalu yang sempat bikin saya keriting abis. Begitu masalah tersebut teratasi, langsung saya mempostingnya di blog saya ini, lengkap dengan tutorialnya. Saya jadi menyadari, bukan hanya hal - hal positif saja yang perlu saya syukuri, ternyata. Hal - hal negatif pun memberi kontribusi yang besar bagi perkembangan diri saya pribadi. Bahkan mungkin jauh lebih besar. Sebab bukankah tangis memberi jauh lebih banyak pelajaran ketimbang tawa?

Saya bukanlah seorang pembicara yang baik.
Namun saya (harus!) berusaha untuk menjadi penulis yang baik. Karena dengan menulis, saya akan belajar menjadi pembicara yang baik

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes “Ngeblog di Mata Perempuan” yang diselenggarakan oleh EmakBlogger
Share:
Comments
13 Comments

13 comments:

  1. Mantab, ... daripada ngelamun yg tidak ada ujung pangkalnya mending buat nulis aja, hasilnya pasti POSITIF!

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, mas ^^
      ngelamun sesekali sih ngga papa, kalo lamunan itu berakhir di tulisan :)

      thanks kunjungannya

      Delete
  2. It is reminds me when i made a blog for the first time, it seem that i spent most of my time to make it cool hihih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. me, too ^^ All the first time is something, isn't it? :)

      Delete
  3. sy juga merasa, jari2 sy ini lebih cerewet ketimbang mulut sy.. Makanya jari2 sy yg lebih byk bekerja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. "ketika jari2 lebih cerewet ketimbang mulut", gitu kan, mbak? ^^

      Delete
  4. saya suka kutipan terakhir mba 'Namun saya (harus!) berusaha untuk menjadi penulis yang baik. Karena dengan menulis, saya akan belajar menjadi pembicara yang baik'
    saya awalnya justru dri pembicara yang baik, heheheh. ga juga, cuma sneng aja ketika ngomong di depan publik. lalu dari seneng membaca buku, mencoba menulis.
    hebat si emba euy, ud dari sd nulisnya, saya mah dulu paling sebel menulis, semua saya biarkan aja. sekarang lagi belajar, belajar dari mba juga sebagai penulis yang baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims, Drieant :)
      Saya orangnya juga suka berbicara, terutama bila ketemu teman bicara yang cocok. Cuma ya utk ngomong teratur dan gimana2 idealnya seorang pembicara yg baik ya masih perlu banyak belajar.

      Sebenarnya waktu SD dulu saya lebih sering membiarkan begitu saja lintasan kata2 dalam pikiran, kecuali satu puisi persahabatan yang terinspirasi dari seorng teman, saya tuliskan. Tapi kemudian harus hilang bersama 2 buku kumpulan puisi saya sejak SMP ke SMA :(
      *wah jadi curhat* :D

      Delete
  5. saya mau belajar ah dari si embanya. ok mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita saling belajar ya, Drieant ? :)
      Kekurangan kita agar kita bisa belajar dari orang lain
      Dan kelebihan kita agar kita bisa berguna bagi orang lain

      Setuju? ^^

      Delete
  6. Okee.. niatnya mantap betol.. untuk berbagi. in yang harus ditanamkan oleh para blogger. selama ini ane hanya untuk banyak yang main ke blog.. biar trkenal. wah ane baru sadar.. terima kasih yaa udah ingatin..
    :)
    salam kenal sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, Asalasah.
      Salam kenal kembali ^^
      Dan trims kunjungannya. Saya kunjung balik ah

      Delete
  7. benar sekali mbak, pada mulanya ngeblog saya juga gitu. Sekarang banyak manfaat dari blog yang dirasakan. Mulai dari kepuasan pribadi bisa saling bermanfaat, ilmu dan wawasan yang baru hingga bisa juga jadi penghasilan tambahan.

    salam kenal,

    btw templatenya dah oke nih. :)

    ReplyDelete

Bebas komentar apa aja, asal sopan.
Tapi jangan nyepam. Ntar dihapus lho!

Featured post

Cara Mudah Bikin Blog dari Ponsel

Baru-baru ini ada beberapa teman yang meminta dibikinkan tutorial cara bikin blog yang mudah tanpa mesti menggunakan komputer alias dari...

Arsip