Catatan Harian & Perjalanan. Puisi &Fotografi. Tutorial Blog, Komputer & Media Sosial

Hari Perempuan Sedunia

Google Doodles - Hari Perempuan Sedunia
Begitu buka browser pagi ini, saya mendapati logo spesial search engine terbesar, google, yang bernuansa perempuan. Niat hati mau melanjutkan postingan semalam yang tertunda. Walhasil, saya pending sejenak postingan semalam. 

Hari Perempuan Sedunia atau International Women Day, diperingati setiap tanggal 8 Maret. Sebelum penetapan tanggal 8 Maret ini,sejarah telah mencatat berbagai peringatan yang bernuansa perempuan. Di Indonesia kita
mengenal 21 April sebagai Hari Kartini, dan 22 Desember sebagai Hari Ibu. Tiap - tiap negara pun memiliki Hari bernuansa perempuan sejenis namun dengan tanggal yang berbeda. Seperti di Inggris yang menjadikan 22 Maret sebagai Hari Ibu. Lalu apa sih yang mendasari Peringatan Hari Perempuan Sedunia?



Ide untuk memperingati Hari Perempuan Sedunia sebetulnya telah berkembang sejak seabad yang lalu ketika dunia industri ini sedang dalam masa pengembangan dan pergolakan, peningkatan laju pertumbuhan penduduk dan pemunculan paham-paham radikal. Berikut ini adalah kronologi singkat dari beberapa kejadian penting yang mengiringi perjalanan Hari Perempuan Sedunia. ( sumber dari sini )



1909:

Dalam rangkaian pendirian Partai Sosialis Amerika, Hari Perempuan Nasional pertama kali diperingati pada tanggal 28 Februari di Amerika Serikat.Hari hari tersebut kemudian terus diperingati perempuan pada setiap hari minggu terakhir bulan Februari sampai tahun 1913.

1910:
Pertemuan kelompok sosialis internasional di Copenhagen, Denmark, memutuskan untuk memiliki Hari Perempuan Internasional sebagai penghormatan atas hak-hak asasi perempuan dan mendorong diperolehnya hak suara bagi semua perempuan di dunia. Keputusan ini diterima secara bulat oleh semua peserta yang diikuti oleh lebih dari 100 perempuan dari 17 negara, termasuk tiga perempuan pertama yang dipilih sebagai anggota parlemen Finlandia. Pada saat itu, mereka belum memutuskan pada tanggal berapa peringatan hari tersebut akan diadakan.

1911:
Sebagai tindak lanjut dari keputusan yang telah diambil setahun yang lalu, Hari Perempuan Sedunia untuk pertamakalinya diperingati pada tanggal 19 Maret di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss. Lebih dari sejuta perempuan dan laki-laki bersama-sama turun ke jalan. Mereka menuntut hak untuk ikut serta dalam pemilu dan posisi di dalam pemerintahan, juga hak bekerja, kesempatan memperoleh pelatihan, dan penghapusan diskriminasi dalam pekerjaan.

Kurang dari seminggu sejak peringatan tersebut, pada tanggal 25 Maret terjadi insiden tragis di New York yang menewaskan lebih dari 140 buruh perempuan yang kebanyakan adalah imigran asal Italia dan Yahudi. Kejadian ini sangat mempengaruhi peraturan perburuhan di Amerika Serikat dan kondisi kerja yang menyebabkan insiden ini terjadi kemudian dikecam habis-habisan selama peringatan Hari Perempuan Internasional tahun berikutnya.

1913 - 1914:
Sebagai bagian dari upaya perdamaian yang berkembang selama berlangsungnya Perang Dunia I, perempuan Rusia memperingati Hari Perempuan Internasional untuk pertama kalinya pada hari Minggu terakhir bulan Februari 1913. Di belahan Eropa lainnya, pada atau sekitar tanggal 8 Maret di tahun berikutnya, perempuan berunjuk rasa baik untuk memprotes perang maupun sebagai ungkapan solidaritas kepada saudara-saudara perempuan di manapun juga.

1917:
Karena dua juta tentara Rusia terbunuh dalam perang, perempuan Rusia sekali lagi turun ke jalan pada hari minggu terakhir di bulan Februari menyerukan "Roti dan Perdamaian". Para pemimpin politik menentang unjuk rasa tersebut, tetapi para perempuan ini tetap bertahan. Dan sejarah mencatat bahwa empat hari kemudian, Tzar turun tahta dan pemerintahan sementara mengakui hak perempuan untuk ikut serta dalam pemilu.
Hari bersejarah itu jatuh pada tanggal 23 Februari di Kalender Julian yang digunakan di Rusia atau tanggal 8 Maret menurut kalender Gregorian ( kalender Masehi yang juga kita gunakan ). Dan sejak saat itulah Hari Perempuan Sedunia diperingati pada hari yang sama oleh perempuan di seluruh dunia.
Share:
Comments
6 Comments

6 comments:

  1. Enkny jd perempuan, dmana mana d pringati dan d hargai. Smentara pria, hanya gigitjari dngn ikut memperingati.
    Hebt euy gogle, saking besarny dia jd dia punya kuasa. Coba klo d pringati tgl 21 april, siapa yg mau protes! Hanya mengulas dan merunut sejarah. Selamat hri perempuan sist

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... cemburu nih ceritanya, Drieant? :D
      Tenaang, biar tidak diperingati, pria tetaplah seorang pemimpin yang dihormati wanita. Yang posisinya di mata Islam tetap tak bisa dibandingkan dengan peringatan macam apapun.

      Soal google, itu kan "cuma" sebentuk apresiasi terhadap perempuan. Dunia boleh memperingati Hari Perempuan, tapi itu kan tidak mengganti posisi Kartini di hati Perempuan Indonesia.

      Salam :)

      Delete
  2. hmm...baru tau nih mbk tentang maksud simbol google kali ini...
    saya setuju nih >> pria tetaplah seorang pemimpin yang dihormati wanita << tapi realita kehidupan sekarang kyk lagu mbk >> ada uang, abang sayang, tak ada uang abang ku tendang,.. << hahaha... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya juga baru tau kemaren :)

      hahaha.. iya, ya? tapi mungkin juga itu artinya pria harus lebih berusaha lagi untuk jadi pemimpin yang baik, yang layak untuk dihormati. Wanita juga sih.

      Trims kunjungan dan komennya, ya? *siap2 kunjung balik*

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. wah sejarahnya panjang juga ya ternyata hahaha.....
    btw simbol Google nya kereeennnn... bnyk ungunya.. looh :-D

    ReplyDelete

Bebas komentar apa aja, asal sopan.
Tapi jangan nyepam. Ntar dihapus lho!

Featured post

Cara Mudah Bikin Blog dari Ponsel

Baru-baru ini ada beberapa teman yang meminta dibikinkan tutorial cara bikin blog yang mudah tanpa mesti menggunakan komputer alias dari...

Arsip